Berselancar di Atas Pasir, Siapa Takut?

sandboardingjogjaBanyak orang yang sudah mengetahui tentang berselancar di atas salju, tetapi apakah pernah terpikir dalam benak kalian untuk mecoba berselancar di atas pasir? Kegiatan berselancar umumnya dilakukan di pantai atau di daerah pegunungan seperti contohnya di negeri penghasil jam. Namun, kegiatan berselancar ternyata juga dapat dilakukan di atas pasir. Tentunya, kegiatan tersebut akan memicu hormon adrenalin dan sangat cocok untuk orang yang menyukai tantangan dan mempunyai jiwa petualang. Saya pun tertarik untuk mencoba berselancar di atas pasir karena kegiatan ini sangat inovatif. Kegiatan berselancar di atas pasir ini biasanya dilakukan di atas gumuk pasir dan cuacanya memang harus panas, atau bisa juga dilakukan di gurun pasir. Kegiatan berselancar ini sudah populer sekali di berbagai negara dengan iklim tropis ataupun panas seperti di Australia, Namibia, Afrika Selatan, dan Indonesia. Banyak sekali orang Indonesia yang sudah melakukan kegiatan berselancar ini di Pantai Parangtritis, Yogyakarta.

Kegiatan berselancar ini sangat ekonomis, cukup memerlukan puluhan ribu rupiah saja. Pada dasarnya, bidang olahraga ini sangat seru dan tidak perlu khawatir apabila kita tidak mempunyai papan selancar karena kita bisa meminjam dari tempat kita akan berselancar. Prinsip yang digunakan pada kegiatan berselancar di salju dan di pasir sama, yaitu selalu dimulai dari tempat yang tinggi seperti gumuk pasir dan menggunakan papan selancar untuk sampai ke bagian tengah. Cara yang paling efektif untuk sampai ke bagian tengah adalah berdiri dengan kedua kaki di atas papan sambil berusaha untuk menyelip dari satu sisi ke sisi yang lain, tetapi diusahakan agar tidak jatuh. Perbedaan dari kedua jenis berselancar ini adalah berselancar di atas salju dilakukan di atas gunung dan biasanya dilakukan di udara yang dingin serta bersalju. Akan tetapi, berselancar di atas pasir dilakukan di udara yang panas seperti di pantai.

Olahraga berselancar memerlukan otot tubuh yang selalu bergerak sehingga membuat tubuh kita lebih sehat. Olahraga ini juga dapat menghilangkan rasa stres dan depresi karena latihan fisik yang membuat tubuh kita menjadi santai. Selain itu merupakan hobi yang bisa mendukung kita ke arah yang positif dalam mengisi waktu luang sehingga kita tidak mudah stres dan lebih bersikap positif dalam menghadapi kehidupan. Kita juga bisa memiliki teman-teman baru pada saat berselancar sehingga kita bisa bersosialisasi dengan orang lain. Jadi, kegiatan berselancar di atas pasir merupakan kegiatan yang sangat seru dan sangat layak untuk dicoba. Akan tetapi, jangan lupa untuk menutup mulut pada saat melakukan kegiatan ini karena berbahaya sekali apabila pasir bisa masuk ke dalam mulut dan terbawa ke dalam tubuh kita. Jangan lupa untuk selalu menjaga keselamatan saat berselancar di atas pasir dengan memakai helm sebagai pengaman, gunakan alat pelindung lain seperti sarung tangan, pengaman lutut, dan kacamata untuk melindungi mata dari pasir. Simpanlah barang-barang berharga pada saat berselancar agar barang-barang tersebut tidak hilang. Selalu gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari cahaya matahari agar kulit tidak kering. Berselancarlah dengan rasa percaya diri penuh. Marilah berselancar di atas pasir, rasakan sensasi yang berbeda dari olahraga lainnya. Pasti kalian ingin mengulanginya lagi.

By: Vanessa Gunadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *